Gagal Lolos ke Piala Dunia U-20, Brasil Catat Sejarah Buruk

gagal-lolos-ke-piala-dunia-u-20-brasil-catat-sejarah-buruk Kemenangan atas Argentina tak cukup untuk meloloskan Brasil ke Piala Dunia U-20 2019. (Net)
PINDAINEWS, Bandung - Timnas Brasil U-20 menorehkan sejarah terburuk setelah untuk kedua kali secara beruntun gagal lolos ke putaran final Piala Dunia Junior U-20 yang tahun ini diselenggarakan di Polandia.

Kegagalan lolos dua kali beruntun timnas Brasil ke Piala Dunia junior adalah yang pertama kali sepanjang sejarah meski Selecao sebelumnya juga pernah gagal lolos ke putaran final yakni pada edisi tahun 1979 dan 2013.

Di ajang FIFA World Cup U-20 sebelumnya di Korea Selatan, Brasil juga gagal lolos dan kini kembali gagal meraih tiket lolos ke Polandia 2019. Kegagalan ini tak lepas dari buruknya kiprah Brasil di Copa America U-20 2019.

Selecao muda hanya menempati peringkat kelima klasemen akhir Copa America U-20 2019 di bawah Ekuador (juara), Argentina, Uruguay dan Kolombia. Bahkan dari lima laga, Brasil U-20 hanya meraih sekali kemenangan.

Satu-satunya kemenangan Brasil U-20 diraih saat menghadapi Argentina di laga terkahir dengan skor 1-0, Senin (11/2/2019) pagi waktu Indonesia. Meski memiliki poin yang sama dengan Kolombia, Brasil kalah produktivitas gol (3-5) dari Kolombia (2-2) yang bermain imbang tanpa gol dengan Uruguay di waktu bersamaan.

Gagalnya Selecao lolos ke Polandia 2019, tentu jadi cambuk bagi Federasi Sepak Bola Brasil karena menjadi cermin perlunya pembenahan dalam hal pembinaan pemain muda di negara pemegang rekor juara dunia itu.

Editor: Mohamad Taufik

Komentar