UI GreenMetric, Inovasi Menciptakan Kampus yang Lebih Menyenangkan

ui-greenmetric-inovasi-menciptakan-kampus-yang-lebih-menyenangkan Direktur Sekretariat Universitas Telkom University, Abdurahman Baizal. (Nida/PindaiNews)
PINDAINEWS, Bandung - Universitas Indonesia menggembangkan inovasi UI GreenMetric sebuah konsep menciptakan dan membangun kampus yang lebih 'segar' dari sisi infrastruktur maupun lingkungan.

Melalui inovasi ini, UI mendorong perguruan tinggi di Indonesia untuk menerapkan konsep kampus hijau dan menyenangkan. UI GreenMetric merupakan inovasi Universitas Indonesia dalam upaya menciptakan lingkungan kampus yang lebih nyaman bagi para mahasiswa maupun pengajar.

Dengan lingkungan kampus yang lebih menyenangkan, diharapkan bisa mendorong semangat para mahasiswa dalam menjalani studi di era industri 4.0 seperti saat ini yang menawarkan berbagai kemudahan. Itu juga yang coba ditularkan UI kepada dua perguruan tinggi di Bandung, Telkom University dan Universitas Padjadjaran.

Direktur Sekretariat Universitas Telkom University, Abdurahman Baizal menjelaskan, ada permasalahan yang menjadi nyata dengan perkembangan teknologi yakni pemanfaatan sumber daya alam.

"Dalam menjawab tantangan ini, para pakar berkumpul di berbagai negara mencari cara dimana bisa memperlambat atau mencegah polusi, melestarikan alam sumber daya dan melindungi lingkungan yang tersisa," ujarnya dalam konferensi pers acara Workshop UI Green Metric: Sustainability Officer, Rabu (13/3/2019).

Baizal menyatakan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang perlunya 'sustainability office/officer' di perguruan tinggi, memberikan pelatihan keterampilan dan pengetahuan kepada 'sustainability officer' dan mendukung perguruan tinggi menjadi kampus yang ‘sustainable’.

Kegiatan ini diselenggarakan di dua tempat yakni di Gedung Sebatik Telkom University dan hari kedua Kamis (14/3/2019) dilangsungkan di Kampus Universitas Padjajaran, Jatinangor.

"Workshop UI GreenMetric serempak diselenggarakan di 25 negara yang hasilnya akan dipaparkan dalam kegiatan international workshop di Irlandia," tuturnya.

"Sedangkan untuk di Indonesia, kegiatan ini dihadiri oleh perusahaan yang berkontribusi baik dalam pengelolaan lingkungan, serta 300 peserta dari seluruh Universitas di Indonesia yang menjadi anggota dari UI Greenmetric," tutupnya.

Editor: Mohamad Taufik

Komentar