Saluran Penuh Sampah, Sekolah di Tangerang Terendam Banjir

saluran-penuh-sampah-sekolah-di-tangerang-terendam-banjir Ilustrasi. (net)
PINDAINEWS, Tangerang - Sekolah Dasar (SD) Sepatan V, Kabupaten Tangerang, Banten diterjang banjir dengan ketinggian mencapai 50 sentimeter akibat saluran air penuh sampah.

"Bila hujan turun lebih dari satu jam maka air mengenangi halaman dan ruang belajar," kata Kepala SD Negeri V Sepatan Marhumah di Tangerang, Kamis (21/3/2019).

Dia mengatakan bila hujan beberapa saat saja, maka anak didik terpaksa dipulangkan lebih awal karena kegiatan belajar mengajar terganggu banjir. Hal tersebut karena letak sekolah lebih rendah dari jalan dan bersebelahan dengan pasar tradisional serta kantor Kecamatan Sepatan yang hanya dibatasi oleh saluran pembuangan.

Menurut dia, saat hujan turun, saluran itu tersumbat banyak sampah dengan aroma menyengat karena telah menumpuk dalam waktu lama.
Pihaknya sudah mengusulkan kepada instansi terkait di lingkungan Pemkab Tangerang untuk mengeruk sampah di saluran tersebut. Dia  juga menyesalkan para pedagang yang sengaja membuang sampah tidak pada tempatnya atau ke saluran tersebut.

Meski sudah diingatkan oleh kepada sekolah, termasuk membuat spanduk larangan membuang sampah ke selokan, katanya,  pedagang mengabaikan dan tetap membuang sampah di saluran. Dia menambahkan ketika hujan, halaman sekolah banjir dan akan air surut perlahan-lahan dalam waktu lama, mencapai dua hari.

Bahkan, petugas kantor kecamatan setempat sudah mengingatkan kepada pelaksana proyek saluran yang mengerjakan proyek itu asal jadi sehingga saluran tampak dangkal. Akibat saluran dangkal, air yang mengenang di sekolah itu tidak dapat mengalir dengan lancar ke hilir. Marhumah mengatakan jika saluran air tidak diperbaiki akan berdampak kepada anak didik saat belajar di kelas.


Editor: Gin gin Tigin Ginulur

Komentar