Di Bandung, 100 Anjing dan Kucing Divaksin Rabies Gratis

di-bandung-100-anjing-dan-kucing-divaksin-rabies-gratis Sekitar 100 hewan peliharaan divaksin rabies. (Rizky Perdana/PINDAINEWS)
PINDAINEWS, Bandung - Kurang lebih 100 hewan peliharaan anjing dan kucing mendapat vaksin rabies gratis dari Dinas Pangan dan Peternakan (Dispangtan) Kota Bandung dalam acara "Pet Healthy Day" di Pet Park Bandung, Minggu (24/3/2019).

Acara Pet Healthy Day ini bertujuan untuk mewujudkan Bandung Bebas Kasus Rabies dengan menggandeng sejumlah komunitas pecinta hewan seperti Pet Park Bandung Dog Community (PPDC), Rumah Kucing Bandung, D'Clovers Bandung dan Give Dogs Second Change.

Ketua Panitia Pet Healthy Day, Rika Marni mengatakan, ada dua pelayanan vaksin yang hari ini diberikan kepada anjing dan kucing. Pertama yaitu vaksin rabies secara gratis dan vaksin lengkap yang bisa didapatkan dengan harga murah dibandingkan di Pet Shop atau dokter hewan.

"Untuk yang vaksin rabies gratis kita kan buka pendaftaran di WhatsApp, itu yang anjing daftar ada 50-an, mungkin sekarang yang on the spot ada juga jadi nambah sekitar 70-an, untuk yang kucing juga kurang lebih segitu," ujar Rika.

Rika menyebutkan untuk vaksin lengkap yang dapat dibeli pemilik hewan peliharaan dalam acara itu adalah vaksin F3 untuk kucing senilai Rp 130 ribu dan vaksin 5L untuk anjing sebesar Rp 120 ribu. 

Dia menjelaskan, vaksin F3 bermanfaat untuk  membentuk antibodi terhadap tiga jenis penyakit kucing yaitu Fenline Panleukopeni, Caliici Virus dan Rhinotracheitis. Sedangkan vaksin 5L untuk mencegah penyakit anjing seperti Distemper, Hepatitis, Leptospirosis, Parvovirus dan Parainfluenza.

"Harganya murah banget, karena memang harga dari dinas kan, beda dari pet shop atau dokter hewan yang mencapai sekitar 200 ribuan. Tapi jumlahnya kita batasi hanya untuk 30 hewan," sambungnya.

Menurut Rika, kesadaran masyarakat khususnya pemilik hewan peliharaan masih banyak yang belum tahu bahwa anjing dan kucing harus disuntik vaksin rabies dan vaksin lengkap satu tahun sekali. 

Oleh karenanya dia berharap, dengan adanya acara Pet Healthy Day yang rutin digelar setahun dua kali ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memberikan vaksin rabies terhadap hewan peliharaan.

"Seharusnya vaksin satu tahun sekali untuk rabies dan vaksin lengkap. Dan masyarakat masih ada yang belum tahu seharusnya berapa bulan sekali divaksin, makanya kita terus edukasi," tegasnya. Selain memberikan vaksin gratis, kegiatan acara Pet Healthy Day juga diisi dengan berbagai lomba yang diikuti oleh anjing dan kucing.

Sementara itu, Kepala Seksi Produksi dan Kesehatan Hewan Dispangtan Kota Bandung, dr Elise menuturkan, pada tahun 2018 pihaknya sudah memberikan 2.608 vaksin rabies anjing dan kucing. Sedangkan pada 2017 sedikit lebih banyak yaitu sekitar 2.800 vaksin.

Pelayanan vaksin rabies gratis ini sebenernya dilakukan hampir setiap hari dengan jemput bola menyasar titik-titik kewilayahan Kota Bandung. Namun masyarakat juga dapat meminta vaksin gratis dengan mendatangi langsung kantor Dispangtan dan UPT Klinik Hewan di Bandung.

Selama ini kucing menjadi hewan yang paling sering menjadi sasaran vaksin rabies karena jumlah pemilik kucing di Bandung juga banyak. Namun sebenarnya yang menjadi sasaran utama adalah anjing, sebagai salah satu hewan penyebar penyakit rabies.

"Vaksin kan setahun sekali, hewan yang tahun kemarin sudah divaksin minta divaksin lagi. Sasaran utama anjing, tapi sekarang yang banyak divaksin kucing," pungkasnya.


Editor: Gin gin Tigin Ginulur

Komentar