Peserta UTBK di SMAN 1 Bandung Diminta Perhatikan Hal Ini

peserta-utbk-di-sman-1-bandung-diminta-perhatikan-hal-ini Sekretaris Pusat UTBK ITB, Asep Gana Suganda. (Rizky Perdana/PINDAINEWS)

PINDAINEWS, Bandung - SMAN 1 Bandung menjadi salah satu lokasi ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). SMAN 1 merupakan mitra sekolah dari ITB sebagai penyelenggara UTBK ITB.

Para peserta yang mendapat jadwal ujian di SMAN 1 Bandung, Minggu (14/4/2019) besok dan diminta untuk datang lebih pagi mengingat Jalan Ir H Djuanda (Dago) selama ini dimanfaatkan untuk kegiatan car free day (CFD) Dago.

Sekretaris Pusat UTBK ITB, Asep Gana Suganda mengatakan, peserta yang mengikuti sesi pagi ujian yaitu pukul 07.30 - 11.45 WIB tidak bisa masuk lewat gerbang depan SMAN 1 Bandung karena jalan ditutup untuk kendaraan dengan adanya CFD. Maka dari itu peserta bisa masuk lewat gerbang belakang melalui akses Jalan Ciungwanara.

"Besok Minggu ada CFD di Dago, untuk sekolah mitra di SMAN 1 Dago untuk sesi pagi pintu belakang Jalan Ciungwanara itu dibuka, jadi tolong diperhatikan jangan sampai kepotong CFD nanti muter-muter, jadi harus pagi datangnya," ujar Asep saat ditemui di Information Centre ITB, Bandung, Sabtu (13/4/2019).

Lebih lanjut Asep mengungkapkan, pihak panitia hanya memberi toleransi waktu 30 menit dari waktu masuk ruang ujian yaitu sejak pukul 07.30 WIB. Jika melewati batas waktu yang ditetapkan maka peserta tidak diperbolehkan masuk ruang ujian.

Dia menjelaskan, saat masa pendaftaran UTBK yang menentukan jadwal sesi pagi atau siang adalah peserta itu sendiri, maka mereka harus bertanggungjawab dengan konsekuensinya. "Toleransi kalau terlambat 30 menit dihitung dari jadwak masuk ke ruangan, lewat itu ngga boleh masuk lagi," tegasnya.

UTBK 2019 berlangsung mulai 13 April hingga 26 Mei, dilaksanakan hanya setiap hari Sabtu dan Minggu dan dibagi menjadi dua sesi yaitu pagi (pukul 07.30 - 11.45 WIB) serta siang (pukul 12.30 - 16.45 WIB).

Ada 26.656 peserta terdaftar yang akan melangsungkan ujian di ITB. Namun karena jumlah terlalu banyak, pihak kampus pun menggaet mitra sekolah lain sebagai lokasi ujian. Mitra sekolah yang dimaksud adalah SMAN 1, SMAN 3, SMAN 4, dan SMAN 5 Bandung, serta SMKN 2 Bandung.



Editor: Mohamad Taufik

Komentar