Unik dan Sehat, Kuah Soto Ini Memakai Susu sebagai Pengganti Santan

unik-dan-sehat-kuah-soto-ini-memakai-susu-sebagai-pengganti-santan Aneka ragam sajian Soto Mastarone Dapoernya Soto. (Tri Widiyantie/PINDAINEWS)

PINDAINEWS, Bandung - Siapa yang ngaku penggemar Soto khas Betawi? Di Bandung ada nama seorang penjual Soto Betawi yang sudah hadir sejak 2004 silam. Bahkan, hingga kini sajian sotonya masih eksis dan diburu di Kota Bandung.

Adalah Tarwan, pemilik, peracik sekaligus pengelola warung soto yang kini memiliki brand Mastarone Dapoernya Soto di Jalan Windu No 15. Sejak 2004, dia setia menekuni bisnis kuliner soto.

Dengan ketekunannya untuk terus mempertahankan citarasa serta berinovasi, kini soto miliknya mempunyai aneka ragam sajian Soto.

‎Mas Tarwan mengatakan, Mastarone Dapoernya Soto memiliki aneka masakan olahan soto yang bervariasi, mulai dari menu soto biasa, soto unik dan langka, hingga soto kekinian.

Untuk soto biasa, Mastarone Dapoernya Soto memiliki menu khas Soto Betawi Daging, Soto Betawi Jeroan, Soto Betawi Ayam sebagai beberapa contoh.

Sementara untuk menu unik dan langka, Mastarone Dapoernya Soto memilik menu Soto Rica, Soto Oseng, hingga Soto Jeletot. Sedangkan soto kekinian, pengunjung bisa menemukan Tongseng, Soto Taichan hingga Soto Geprek Krispy.



"Ada beberapa menu soto itu memang cukup langka dan jarang ditemukan di tempat lain. Nah di sini kami menyediakannya karena racikan bumbunya kami racik sendiri," ujar Mas Tarwan.

Selain memiliki ciri khas menu-menu soto unik dan langka, Mas Tarwan juga menekankan perbedaan lain olahan soto miliknya dengan soto di tempat lain.

Di samping menggunakan  rempah-rempah yang lebih kental, olahan soto di Mastarone Dapoernya Soto, juga dikemas sedemikian rupa tanpa menggunakan sedikitpun santan alias tidak mengandung santan sama sekali. Pengganti santan yang digunakan, kata Mas Tarwan, adalah susu yang mengandung zat vitamin tinggi.

"Sehingga soto kami juga dikenal sebagai soto sehat karena tidak menggunakan santan di setiap olahan soto jenis apapun," katanya.

Selain mengandalkan menu soto, Mastarone Dapoernya Soto Mas Tarwan juga dikenal memiliki olahan menu umum yang sangat menarik. Sebut saja aneka olahan ikan seperti ikan bakar dan goreng, pecel lele, pepes peda, aneka tongseng, kreasi ayam, nasi goreng, hingga menu sate unik yaitu sate goreng.

Saat di tempat lain sate biasanya dibakar, maka hanya di Mastarone Dapoernya Soto Mas Tarwan pengunjung bisa menemukan sate yang digoreng.

"Itu yang menjadi pembeda kami, selain di soto, kami juga memiliki pembeda di sate. Untuk menu-menu pendukung kami menyediakannya juga seperti aneka sup, aneka minuman dan menu-menu tambahan lain," katanya.

Mas Tarwan menambahkan bahwa Mastarone Dapoernya Soto juga dilengkapi area bersantap yang representatif dengan daya dukung lebih dari 100 tamu, dilengkapi faislitas makan dengan tempat duduk atau tanpa tempat duduk alias lesehan.

Istimewanya, lesehan di Mastarone Dapoernya Soto dilengkapi rumput sintetis yang memberi kesejukan dan kenyamanan yang membuat pengunjung betah berlama-lama duduk dan juga disediakan spot foto.

Editor: Gin gin Tigin Ginulur

Komentar