Gantikan Kotak Suara Rusak di Bogor, KPU Pinjam ke Daerah Lain

gantikan-kotak-suara-rusak-di-bogor-kpu-pinjam-ke-daerah-lain Komisioner KPU Jawa Barat, Nina Yuningsih. (Rizky Perdana/PINDAINEWS)

PINDAINEWS, Bandung - KPU Jawa Barat akan mengganti ratusan kotak suara rusak akibat banjir di Kabupaten Bogor dengan meminjam ke daerah lain yang kelebihan kotak suara.

Hal ini diungkapkan Komisioner KPU Jawa Barat, Nina Yuningsih menanggapi berita soal 680 kotak suara yang tersimpan di gudang logistik PPK Ciseeng, Desa Cibentang, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor terendam banjir akibat hujan deras dan angin kencang pada Minggu (14/4/2019).

Kronologi singkatnya saat itu, air dari selokan meluap dan masuk ke dalam gudang penyimpanan kotak suara. Tidak hanya air, material lumpur juga ikut masuk.

Nina mengatakan, dari 680 kotak suara yang terendam, 300 di antaranya rusak dan tidak layak pakai sehingga harus diganti. Adapun sisanya masih layak digunakan dan hanya dikeringkan saja.

"Dari 680 yang kami periksa, terkait dengan mana saja yang masih layak untuk dipergunakan, sejauh ini ada 300 yang rusaknya. Sisanya masih layak, kita bersihkan, keringkan. Dan kami mencoba mengatasi dari kotak suara yang tersedia atau kami meminjam kepada kabupaten lain yang kelebihan stok kotak suaranya," ujar Nina di Kantor KPU Jabar, Bandung, Senin (15/4/2019).

Kendati demikian, Nina memastikan surat suara tetap aman dan bisa digunakan. Pasalnya surat suara terlindungi di dalam balutan plastik. Sebenarnya kotak suara juga akan ditutupi plastik namun karena masih proses packing maka belum terlindungi semua.

"Karena proses distribusi itu, kotak suara dipacking semua perlengkapan dimasukkan dalam plastik dan disegel diikat," jelasnya.


Editor: Mohamad Taufik

Komentar